Resep Makanan Klepok Ubi


Makanan nikmat dari bahan dasar ubi tentunya banyak sekali terutama makanan tradisional khas nusantara. Salah satunya yang sudah tidak asing lagi dan sudah terbukti rasa enaknya adalah kue tradisional klepon ubi. Dengan bentk bulat yang menyerupai bola pingpong dan isi gula merah jawa di dalamnya memberikan kenikmatan spesial bagi setiap orang yang menggigitnya. Apalagi sajian tambahan taburan kelapa parut pada kue kelopn ini, sudah pasti menambah cita rasa kelezatannya.

Anda yang ingin menikmati sajian kue tradisional klepon ubi dari hasil karya sendiri dapat dengan mudah membuatnay dengan mengikuti cara penyajiannya dari resep cara membuat cemilan klepon ubi enak seperti berikut ini.

Resep Klepon Ubi Enak

Bahan-bahan Klepon Ubi Enak
  1. Ubi jalar 500 gr, pisahkan dari kulitnya lalu kukus
  2. Tepung terigu 250 gram
  3. Food coloring (warna hijau/pandan) secukupnya
  4. Garam halus secukupnya
  5. Gula merah/gula jawa 250 gr , sisir halus
  6. Daun pandan 2 lembar
  7. Kelapa ½ butir, parut kasar

Cara Membuat Kue Klepon Enak dari Ubi
  1. Campurkan ubi halus dengan garam, terigu dan air sedikit saja, uleni dengan menggunakan tangan sampai merata lalu beri campuran food cooking dengan warna sesuai selera, aduk kembali sampai merata.
  2. Kemudian bentuk adonan kue klepon menjadi bulatan kecil seperti bola pingpong dengan diberi bahan isi berupa sisiran halus gula jawa pada bagian dalam kue klepon.
  3. Sementara itu, campurkan air dala panci dengan daun pandan lalu rebus sampai mendidih. Setelah itu, rendam kue klepon yang sudah dibentuk bulat dan berisi gula jawa di dalamnya ke dalam air mendidih dalam panci. Biarkan sampai mengambang dan matang lalu angkat dan tiriskan. Suguhkan kue klepon dengan pelengkap kelapa parut.
Akhirnya selesai juga membuat kue tradsional klepon ubi khas nusantara ini. Sekarang giliran anda untuk mencobanya di rumah. Semoga berhasil!

Posting Komentar

0 Komentar