Inilah Sosok Kandidat Calon Pelatih Timnas Indonesia


Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi mengakui bahwa dirinya lebih menyukai Luis Milla untuk menjadi pelatih Tim Nasional Indonesia berikutnya. Meskipun keduanya merupakan sosok pelatih bagus dan pernah membawa timnya berprestasi, tapi pengalaman Milla membawa timnas Spanyol U-21 jadi juara Piala Eropa tahun 2011 jadi nilai lebih.

“Tadi masih dua nama untuk timnas. Keduanya orang spanyol. Yang pertama Luis Fernandez dan Luis Milla. Sebenarnya mau kita tetapkan tapi kita masih mau berunding dulu untuk memilih salah satunya. Tapi kalau saya sendiri lebih memilih Luis Milla,” kata Edy kepada wartawan di sela-sela Kongres Tahunan PSSI 2017, Minggu (8/1/2017).

Keputusan untuk memilih pelatih asal Spanyol menurut Edy karena menurutnya fisik dan cara main pemain Indonesia hampir mirip dengan negeri matador tersebut. Tapi terlepas dari itu, baik Luis Fernandez dan Luis Milla juga memenuhi syarat menjadi pelatih timnas karena pernah membawa tim yang dilatihnya berprestasi,

“Pernah melatih klub besar, ada juga timnas di Asia, Afrika, di Spanyol juga. Kita harapkan dia juga bisa membawa kita menjadi tim-tim yang pernah mereka tangani,” kata Edy. 

“Satu bulan yang lalu kita berangkat ke Spanyol, mencari, mendata, kita jumpai, kita perintahkan dia presentasi. Dari enam orang calon sekarang tinggal dua,” imbuhnya.

Timnas Indonesia nantinya akan menjalani program latihan intensif di bawah arahan pelatih baru dengan mengusung konsep latihan di dalam dan luar negeri. “Kita akan try out ke Spanyol dengan beberapa klub di sana. Ada latihan di dalam negeri ada juga ke luar negeri, ke Spanyol dan Asia seperti Jepang dan Korea,” papar Edy. 

“Timnas akan latihan dalam beberapa periode, dua bulan pertama latihan di dalam negeri, dua bulan berikutnya ke luar negeri, dan dua bulan terakhir kembali ke tanah air, sebelum berlaga di Sea Games 2017. Itu sedang kita persiapkan bulan ini,” imbuhnya.

Selain didukung dengan program latihan yang baik dan bervariasi, PSSI juga memastikan bahwa tak ada lagi pembatasan pemain yang bisa dipanggil timnas. Klub, kata Edy harus siap melepas pemain terbaiknya untuk membela Tim Merah Putih. “sudah pasti (tak ada pembatasan pemain). Klub kan milik indonesia, wong negara lain saja merelakan pemain dan pelatihnya ke sini kok,” tandas Edy.

Nantinya pelatih baru akan langsung menyeleksi pemain untuk masuk ke tim Sea Games 2017. Saat ini sudah ada 50 orang yang disiapkan oleh Sekjen PSSI Ade Wellington. “Pelatih baru nanti tinggal melakukan tele scouting, dia pilih, dan itulah yang akan dia persiapkan dalam 8 bulan ke depan,” tutup Edy.

Posting Komentar

0 Komentar