6 Aneka Makanan Khas Ciamis Jawa Barat

Makanan khas adalah makanan yang memiliki cita rasa yang enak dan lezat serta memiliki khas tersendiri di daerah pengolahannya. Jawa Barat salah satu wilayah yang banyak menghasilkan makanan khas, salah satunya kota bandung, Tasikmalaya, Ciamis dan juga masih banyak lagi wilayah jawa barat yang memiliki makanan khas. Nah, bagi anda yang ingin mengetahui makanan khas asal ciamis, berikut 6 Aneka Makanan Khas Ciamis Jawa Barat yang perlu anda ketahui.

1. Galendo

Makanan ini sangat banyak diminati oleh masyarakat khusunya warga ciamis, dalam pembuatan galendo ini yaitu dari sari pati kelapa yang mengendap pada waktu pengolahan minyak kelapa, setelah itu dioleh sedemikan rupa sehingga memiliki rasa yang neka dan lezar serta gurih. Galendo ini sekarang banyak diolah dengan sedemikian rupa dan banyak tersebar diseluruh kota-kota lainnya.

2. Pindang Gunung

Unik dari namanya membuat orang merasa heran, namun tetap memiliki cita rasa yang enak, pidang gunung merupakan makanan seperti sop ikan, namun memiliki rasa yang berbeda karena dari bahan dan bumbunya. Pindang gunung ini banyak ditemukan didaerah pantai pangan daran dan sekitarnya.

3. Aneka Kerupuk

Salahsatu makanan khas ciamis adalah berbagai macam produksi kerupuk yang tepatnya didaerah cikoneng, namun untuk emasarannya tersebar dibeberapa kota lainnya seperti Tasikmalaya, Bandung, Jakarta dan juga Lampung

4. Gula Aren dan Gula Kelapa

Penghasil dari buah pohon kelapa ini dinamakan gula, dan banyak didaerah ciamis ini yang memproduksinya secara tradisional, adapun gula kepala merupakan gula merah yang bahnnya dari buah kelapa, semua gula ini tersebar pemasarannya diluar kota ciamis.

5. Abon dan Dendeng Sapi

Abon ataupun dendeng sapi ini sangat unik dan memiliki rasa yang khas sehingga banyak pecinta kuliner yang menyukainya. Adapun pembuatannya ada terdapat di kabupaten ciamis, namun banyak dipasarkan di daewrah garut, Tasikmalaya, Jakarta dan juga Bandung.

6. Sale Pisang

Sale pisang ini salah satu makanan khas dari ciamis, sale pisang ini memiliki rasa yang enak dan manis namun tetap memiliki kelezatan yang tidak tertandingi, dalam pembuatannya biasanya didaerah padaherang, banjarsari, untuk pemasarannyanya pun banyak tersebar di luar kota.

Itulah dia 6 Aneka Makanan Khas Ciamis Jawa Barat yang patut anda coba, apabila sedang berkunjung ataupun melewati perjalanan anda di ciamis. Aneka makanan khas ciamis ini juga bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta anda. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Untuk yang lagi galau, yang lagi bosan tidak tahu mau ngapain,
    tenang,,sekarang ada yang akan menghibur kalian sekaligus
    mengisi hari-hari kalian dengan games" online yang pastinya tidak akan
    mengecewakan kalian deh...

    yuk ikutan gabung bersama Pesonasaya.com
    Dapatkan Bonus Rollingan TO Sebesar 0,3 - 0.5% / Hari
    Bonus Referral Sebesar 20% Seumur Hidup

    * Minimal deposit hanya Rp 20.000
    * Minimal tarik dana Rp 20.000
    * Dilayani oleh CS profesional dan ramah
    * 24 jam online
    * Proses Depo & WD super cepat
    * No ROBOT MURNI PLAYER VS PLAYER
    * kamu berkesempatan menangkan Jackpot setiap harinya.

    Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24 Online Setiap hari melalui :

    * PIN BBM : pesonaqq
    * WA : +85587984700

    Link Alternatif : Pesonavip.com

    Salam Sukses Pesonaqq.com

    BalasHapus